Penulis: Admin | Kamis, 02 Februari 2012

Pada 22 September 1910 pemerintah kolonial Belanda mendirikan NV Drogdok Maatschappij Soerabaia. Awalnya pendirian perusahaan ini ditujukan hanya sebagai layanan kapal-kapal Belanda di Indonesia.

Lalu pada 1942 - 1945, masuklah Jepang sebagai penguasa baru mengalahkan penguasa Belanda yang sebelumnya bercokol. Karena itu perusahaan ini dikelola oleh penguasa Jepang. Dan perusahaannya berganti nama menjadi Harima Zosen.

Pada 1 Januari 1961, NV Maatschappij Droogdok Soerabaia menjadi sebuah perusahaan milik negara bernama PN Dok dan Perkapalan Surabaya. Berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi Laut pada tahun 1963, sejak 8 Januari 1976 perusahaan telah berganti status hukumnya menjadi PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), disingkat PT DPS.

Didukung oleh pengalaman yang panjang, fasilitas yang telah teruji oleh waktu, teknologi yang sudah terbukti dan tenaga kerja yang terampil dan berdedikasi, maka PT DPS siap melayani berbagai klien dari seluruh dunia, di bidang:

  • Pembangunan Kapal (hingga 8.000 DWT).
  • Perbaikan Kapal (hingga 10.000 DWT).
  • Konversi Kapal.
  • Konstruksi Lepas Pantai.
  • Fabrikasi Struktur Baja.
  • Desain dan Rekayasa Teknik.
Bekerjasama dengan Biro Perkapalan Amerika, American Bureau of Shipping (ABS), yang beroperasi di seluruh dunia dan bermarkas di Washington, PT DPS memungkinkan memperbaiki segala macam masalah shafting kapal. Karena kualitas pekerjaan PT DPS telah disertifikasi oleh ABS.

Visi dan Misi PT DPS
Visinya adalah:
“To be a leading shipyard in the mid-sized international market”. (Untuk menjadi galangan kapal kelas menengah terkemuka di pasar internasional).

Misinya adalah:
  1. To have a reputation as a company who reliably fulfills our customers needs and at the same time to forge long terms partnerships. (Untuk memiliki reputasi sebagai perusahaan yang andal memenuhi kebutuhan pelanggan kami dan pada saat yang sama menjalin kemitraan jangka panjang).
  2. To create continuous growth by improving our profit-making capability. (Untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dengan meningkatkan kemampuan untuk memperoleh keuntungan).
  3. To provide an optimal added value for shareholders and satisfaction for our employees and customers. (Untuk memberikan nilai tambah optimal bagi pemegang saham dan kepuasan bagi karyawan kami dan para pelanggan).
Tentang PT DPS Lebih dari seratus tahun PT DPS secara terus-menerus telah melayani masyarakat kelautan negara kita. Mereka adalah pelanggan dan mitra terpercaya dari PT DPS menjadikan sebuah tradisi panjang perbaikan secara terus-menerus bagi PT DPS sejak tahun 1910. Perkembangan ini menjadikan PT DPS menjadi salah satu galangan kapal tertua dan terkemuka di negara Indonesia dengan komitmen memenuhi kebutuhan pelanggan dan untuk membentuk kemitraan jangka panjang.

PT DPS telah berkomitmen mengadopsi perubahan yang dibutuhkan untuk melayani kebutuhan dan perkembangan pasar, seperti meningkatkan dan memperluas fasilitas, mengadopsi teknologi baru, dan menggunakan IT. Adopsi perubahan ini bukan hanya bertujuan efisiensi produksi tetapi juga untuk berkomunikasi lebih baik kepada pelanggannya.

Untuk menuju perusahaan yang mempunyai keunggulan dan daya saing PT DPS telah memiliki sistem penilaian kinerja pegawai lewat asesmen kompetensi sehingga akan terjadi remunerasi yang adil, kompetitif dan memberikan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Kondisi yang demikian hanya dapat dibangun dengan mengembangkan sistem remunerasi yang berbasiskan “Job Evaluation, Performance Individual and Management based on Competence”.

Untuk menuju semua hal tersebut PT DPS bekerja sama dengan PT Quantum HRM Internasional (PT Quantum) telah melakukan proses perbaikan terhadap Job Description yang ada saat ini melalui proses Job Analysis yang tepat sehingga dihasilkan Job Description, Standar kompetensi, Key Performance Indicator (KPI – 360o) yang Applicable.