Kualitas merupakan kunci keunggulan bersaing (competitive advantage), yaitu kemampuan sebuah perusahaan untuk mencapai keunggulan pasar. Dalam jangka panjang, keunggulan bersaing yang terjaga akan menghasilkan kinerja di atas rata-rata.
Sebuah perusahaan pasti menginginkan kemajuan bagi dirinya dan tetap terus mempertahankan kesinambungan kemajuan perusahaannya. Untuk perusahaan yang sudah maju, mungkin tidak terlalu sulit melakukannya. Namun bagi perusahaan yang stagnan atau semakin mundur kemajuannya, agak sulit melakukannya.
Kualitas bisa juga diartikan sebagai ciri dan karakter menyeluruh dari suatu produk atau jasa yang mempengaruhi kemampuan produk tersebut untuk memuaskan kebutuhan tertentu. Kualitas suatu produk sangat menentukan prestasinya di pasaran.
Manajemen kualitas adalah manajemen yang membahas aspek-aspek dari fungsi manajemen keseluruhan yang menetapkan dan menjalankan kebijakan mutu suatu perusahaan. Manajemen kualitas sangat penting bagi suatu perusahaan untuk:
Yang terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
Baik pada produk maupun jasa yang ditawarkan.
Dengan mengidentifikasi selera konsumen, membuat inovasi baru, atau memperbaiki produk yang sudah ada.
Untuk menghasilkan efisiensi dan efektivitas operasional.
Manajemen kualitas yang efektif memungkinkan perusahaan untuk tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang di pasar yang kompetitif. Dengan fokus yang tepat pada kualitas, perusahaan dapat mencapai diferensiasi produk, loyalitas pelanggan, dan keunggulan bersaing yang berkelanjutan.
Raih keunggulan kompetitif melalui implementasi sistem manajemen mutu yang efektif